contoh laporan praktek lapangan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Era modern perdagangan saat ini sedang  berkembang pesat. Salah satu tantangan bangsa saat ini adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil usaha industri  dapat menjadi penentu dan pendorong pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat memunculkan berbagai ragam dan bentuk industri yang ada, baik industri yang berskala besar ataupun yang berskala kecil, masing-masing industri berusaha untuk meningkatkan produktifitas yang tndala-kendala yang ada, adanya berbagai ragam industri tersebut menuntut masing-masing dari industri agar mampu bersaing dan mempertahankan industrinya tetap eksis.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Pemasar yang berusaha mempengaruhi perilaku konsumen terletak pada premis konsumen adalah raja, motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian, perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasive yang menanggapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu serta pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara social asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka saya tertarik untuk menjual barang sparepart kendaraan dan baju, kerudung wanita untuk menyesuaikan perkembangan era modern zaman sekarang ataupun lifestyle.


1.2 Rumusan Masalah
·         Bagaimana kendala yang dihadapi dalam usaha penjualan ini ?
·         Bagaimana sistem pemasarannya ?

1.3 Tujuan Masalah
Tujuan dari usaha yang saya jalankan sekarang ini bukan hanya mencari profit semata, melainkan juga mencari sebuah pengalaman baru menjadi wirausahawan. Melalui pemasaran dan penjualan ini secara tidak langsung saya dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang saya tawarkan agar pembeli merasa puas terhadap produk yang saya tawarkan.
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara online dan lagsung tatap muka. Kegiatan ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan yaitu:
Hari     : Senin 15 November 20155 Desember 2015
            Waktu : Dikarenakan pemasaran produk saya melalui online (broadcast dan blackberry messanger),dan tatap muka secara langsung dalam lapanagan, jadi waktu penjualan produk saya melalui online tidak terbatas sedangkan penjualan tatap muka langsung terbatas terhadap pembeli.


BAB II
ISI

2.1 Profil Usaha
Usaha penjualan barang sparepart kendaraan dan baju, kerudung wanita yang saya jalankan ini berawal dari pemberian tugas praktik kewirausahan yang telah diberikan oleh dosen. Ide ini tidak serta merta muncul begitu saja karena dari saya dan anggota kelompok memiliki ide dan gagasan usaha yang berbeda-beda.  Salah satu dari saya mempunyai ide untuk berjualan barang sparepart kendaraan sedangkan untuk baju, kerudung wanita ini, kami bersaama kelompok, dalam penjualan barang sparepart kendaraan saya melakukan melalui online selama satu bulan ataupun selebihnya. Untuk penjualan baju, kerudung wanita, saya bersama kelompok dalam 2 hari dengan cara menawarkan langsung ke orangnya ditempat taman kamboja Banjarmasin setiap sore hari dalam 2 hari.
Produk yang saya jual :
·   Barang Sparepart Kendaraan :
Ć¼  Oli mesin dan oli garden
Ć¼  Gear satu set
Ć¼  Variasi kendaraan
·      Produk yang di jual bersama kelompok :
Ć¼               Baju daster
Ć¼               Baju tidur
Ć¼              Baju untuk jalan-jalan
Ć¼              Kerudung


2.2 Sistem Pemasaran
Proses pemasaran yang saya lakukan dalam penjualan barang sparepart kendaraan yaitu dengan cara mempromosikan langsung kepada customer, mendatangi orang yang biasanya saya kenal  juga dengan cara online, melalui akun jejaring sosial seperti BBM dan dll, sedangakan penjualan baju, kerudung untuk wanita melalui proses yang langsung, tidak melalui media sosial. Dan dalam penjualan ini saya berusaha membujuk customer agar tertarik dengan produk yang saya jual sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian dan transaksi. Kebanyakan dari customer kami adalah teman dekat, mahasiswa-mahasiswi dan ibu-ibu.

2.3 Hambatan Usaha
Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada hambatan-hambatan yang sering saya hadapi.  Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
·   Tidak adanya waktu karena dipergunakan untuk kuliah dan mengerjakan tugas.
·   Tidak adanya faktor pendukung dalam satu kelompok terhadap penjualan ini.

2.4 Laporan Keuangan
Dalam laporan keuangan ini saya ingin memaparkan sebuah hasil penjualan saya ataupun bersama teman-teman dalam satu bulan ini. penjualan ini ada terbagi 3 bentuk macam-macam barang yaitu : barang rendah adalah harganya dari 100 samapai 10 rbu rupaiah, untuk barang menengah dari 100 rbu sampai 200 rbu rupiah, sedangkan untuk barang keatas harganya dari 200 rbu sampai 500 rbu rupiah, dari tiga penggolongan tersebut, saya akan memaparkan barang yang laku ditawarkan terhadap pembeli dalam bentuk kolom di bawah ini :

Barang Rendah : 10.000 – 100.000
Nama Barang
Modal
Penjualan
Laba
Jumlah Terjual
Variasi karpet scopy
Rp 45.000
Rp 70.000
Rp 25.000
1 Buah
Oli mesin federal
Rp 33.500
Rp 35.000
Rp 1.500
1 Buah
Oli garden matic
Rp 11.000
Rp 13.000
Rp 2.000
1 Buah
Kunci kontak mio biasa merk Nakasone
Rp 70.000
Rp 80.000
Rp 10.000
1 Buah
Kerudung Wanita
Rp 50.000
Rp 65.000
Rp 15.000
1 Buah
Barang Menengah: 100.000 – 200.000
Nama Barang
Modal
Penjualan
Laba
Jumalah Terjual
Aki Merk Fb
Rp 140.000
Rp 160.000
Rp 20.000
1 Buah
Baju Wanita
Rp 100.000
Rp 120.000
Rp 20.000
1 Buah
Barang Keatas: 200.000 – 500.000
Nama Barang
Modal
Penjualan
Laba
Jumlah Terjual
Gear vixion se set
Rp 200.000
Rp 230.000
Rp 30.000
1 Buah
Aki yuasa
Rp 185.000
Rp 200.000
Rp 15.000


.
2.5 Praktek Pengalaman Dalam Penjualan
Dalam praktek pengalaman ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya menjual barang, dan barang yang saya jual adalah sparepart dan variasi kendaraan melalui online dan teman dekat sedangkan untuk menjual barang seperti baju, dan kerudung untuk wanita, saya menjualnya dengan cara berkelompok selama 2 hari.
Pertama, disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berjualan sparepart dan variasi kendaraan secara online dan teman dekat, dalam penjualan barang ini saya sebenarnya  sangat menyukai pekerjaan ini, karena ayah saya seorang penjual barang sparepart kendaraaan juga, dan juga saya, bila ada sorang teman saya yang membeli barang sparepart kendaraan, biasanya saya mengambil barang ke piston dengan harga modal bagi para pedagang, kemudian saya menjual barang tersebut dengan harga pasaran atau harga papadaan bila dengan teman dekat saya, sebenarnya saya sudah lam berjualan seperti ini, biala ada teman saya yangin membeli sparepart kendaraan maupun variasi, dalam praktet ini saya ingin memaparkan sekidit sensasi saya dalam penjualan, ya sensasi saya dalam penjualan terkadang ada kecewa ketika teman bertanya, setelah nya tidak jadi, tetapi hal itu sudah biasa saya alami selama ini.
Kedua, dalam praktek ini saya tidak hanya berjualan sparepart dan variasi kendaraan, tetapi disini saya bukan sendiri dalam menjualkan produk, kami berkelompok dalam menjualkan prodksi baju dan kerudung wanita. Dalam penualan baju dan kerudung wanita, kami melakukannya selama 2 hari ditempat ruang terbuka hijau kamboja, dalam pemasarannya kami banyak mengalami sensasinya seperti ditolak orang dalam menawarkan barang kemudian ada yang bilang tak punya uang untuk membeli tetapi hanya melihat saja, dan juga dalam 2 hari tersebut, kami menawarkan barang ini ada juga rasa bahagianya ketika ada yang mau membeli barang, dan disitulah saya merasa terletak pengalaman yang begitu berharga dalam menawarkan barang secara langsung bukan melalui online, menurut saya pengalaman berharga dalam praktek ini ialah menawarkan barang secara langsung, karena banyak yang saya rasakan ketika bertatap muka langsung terhadap pembeli sedangkan melalui online tidak begitu banyak rasa yang saya dapatkan.


BAB III
PENUTUP/LAMPIRAN

3.1 Lampiran Kegiatan Kewirausahaan
·      Penjualan barang sparepart dan variasi secara online :
·      Penjualan secara online melalui BBM
·      Gear vixion satu set

·         Aki Merk Yuasa dan Aki Merk Fb

  ·   Penjualan Baju dan Kerudung Wanita Bersama Kawan-Kawan :



                                                               

                                                              KESIMPULAN DAN SARAN


3.2 Kesimpulan

Dari kegiatan ini kita dapat merasakan secara langsung bagaimana cara menjual dan menawarkan suatu produk kepada pembeli. Ini dapat menjadi sebuah pembelajaran ketika saya akan membuka suatu usaha.
3.3 Saran
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena kita diberi bekal pengalaman menjadi seorang wirausahawan. Semoga dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan.

 

















contoh laporan praktek lapangan contoh laporan praktek lapangan Reviewed by Sepintas Kabar on June 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.