BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Era
modern perdagangan saat ini sedang berkembang pesat. Salah satu tantangan
bangsa saat ini adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil usaha
industri dapat menjadi penentu dan pendorong pertumbuhan ekonomi di
setiap daerah. Pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat
memunculkan berbagai ragam dan bentuk industri yang ada, baik industri yang
berskala besar ataupun yang berskala kecil, masing-masing industri berusaha
untuk meningkatkan produktifitas yang tndala-kendala yang ada, adanya berbagai
ragam industri tersebut menuntut masing-masing dari industri agar mampu
bersaing dan mempertahankan industrinya tetap eksis.
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan
nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa.
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan
konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya.
Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan
suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran juga diartikan suatu usaha untuk
memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Pemasar yang berusaha mempengaruhi
perilaku konsumen terletak pada premis konsumen adalah raja, motivasi dan
perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian, perilaku konsumen dapat
dipengaruhi melalui kegiatan persuasive yang menanggapi konsumen secara serius
sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu serta pengaruh konsumen
memiliki hasil yang menguntungkan secara social asalkan pengamanan hukum,
etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka saya tertarik untuk menjual barang sparepart
kendaraan dan baju, kerudung wanita untuk menyesuaikan perkembangan era modern
zaman sekarang ataupun lifestyle.
1.2 Rumusan Masalah
·
Bagaimana kendala yang dihadapi dalam usaha penjualan ini ?
·
Bagaimana sistem pemasarannya ?
1.3 Tujuan Masalah
Tujuan dari usaha yang saya jalankan
sekarang ini bukan hanya mencari profit semata,
melainkan juga mencari sebuah pengalaman baru menjadi
wirausahawan. Melalui pemasaran dan penjualan ini secara tidak langsung saya dituntut untuk
berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan
sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang saya tawarkan agar pembeli
merasa puas terhadap produk yang saya tawarkan.
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara online dan lagsung tatap muka. Kegiatan
ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan yaitu:
Hari : Senin 15 November 2015 – 5 Desember 2015
Waktu : Dikarenakan pemasaran produk saya melalui online (broadcast dan
blackberry messanger),dan tatap muka secara langsung dalam lapanagan, jadi
waktu penjualan produk saya melalui online tidak terbatas sedangkan penjualan tatap muka
langsung terbatas terhadap pembeli.
BAB II
ISI
2.1 Profil Usaha
Usaha penjualan barang sparepart kendaraan dan baju,
kerudung wanita yang saya jalankan ini berawal dari pemberian tugas praktik
kewirausahan yang telah diberikan oleh dosen. Ide ini tidak serta merta muncul
begitu saja karena dari saya dan anggota kelompok memiliki ide dan gagasan
usaha yang berbeda-beda. Salah satu dari saya mempunyai ide untuk
berjualan barang sparepart kendaraan sedangkan untuk baju, kerudung wanita ini,
kami bersaama kelompok, dalam penjualan barang sparepart kendaraan saya
melakukan melalui online selama satu bulan ataupun selebihnya. Untuk penjualan
baju, kerudung wanita, saya bersama kelompok dalam 2 hari dengan cara
menawarkan langsung ke orangnya ditempat taman kamboja Banjarmasin setiap sore
hari dalam 2 hari.
Produk yang saya jual :
· Barang Sparepart Kendaraan :
Ć¼ Oli mesin dan oli garden
Ć¼ Gear satu set
Ć¼ Variasi kendaraan
·
Produk yang di jual bersama kelompok :
Ć¼ Baju daster
Ć¼ Baju tidur
Ć¼ Baju untuk jalan-jalan
Ć¼ Kerudung
2.2 Sistem Pemasaran
Proses pemasaran yang saya lakukan dalam penjualan barang sparepart kendaraan
yaitu dengan cara mempromosikan langsung kepada customer, mendatangi orang yang
biasanya saya kenal juga dengan cara online, melalui akun
jejaring sosial seperti BBM dan dll, sedangakan penjualan baju, kerudung untuk wanita
melalui proses yang langsung, tidak melalui media sosial. Dan dalam penjualan
ini saya berusaha membujuk customer agar tertarik dengan produk yang saya jual sehingga pada akhirnya bisa
melakukan pembelian dan transaksi. Kebanyakan dari
customer kami adalah teman
dekat, mahasiswa-mahasiswi dan ibu-ibu.
2.3 Hambatan Usaha
Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada hambatan-hambatan
yang sering saya hadapi. Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
·
Tidak adanya waktu karena dipergunakan untuk kuliah dan
mengerjakan tugas.
·
Tidak adanya faktor pendukung dalam satu kelompok terhadap penjualan
ini.
2.4 Laporan Keuangan
Dalam laporan keuangan ini saya ingin memaparkan sebuah
hasil penjualan saya ataupun bersama teman-teman dalam satu bulan ini.
penjualan ini ada terbagi 3 bentuk macam-macam barang yaitu : barang rendah
adalah harganya dari 100 samapai 10 rbu rupaiah, untuk barang menengah dari 100
rbu sampai 200 rbu rupiah, sedangkan untuk barang keatas harganya dari 200 rbu
sampai 500 rbu rupiah, dari tiga penggolongan tersebut, saya akan memaparkan
barang yang laku ditawarkan terhadap pembeli dalam bentuk kolom di bawah ini :
Barang Rendah : 10.000 – 100.000
Nama Barang
|
Modal
|
Penjualan
|
Laba
|
Jumlah Terjual
|
Variasi karpet scopy
|
Rp 45.000
|
Rp 70.000
|
Rp 25.000
|
1 Buah
|
Oli mesin federal
|
Rp 33.500
|
Rp 35.000
|
Rp 1.500
|
1 Buah
|
Oli garden matic
|
Rp 11.000
|
Rp 13.000
|
Rp 2.000
|
1 Buah
|
Kunci kontak mio biasa merk Nakasone
|
Rp 70.000
|
Rp 80.000
|
Rp 10.000
|
1 Buah
|
Kerudung Wanita
|
Rp 50.000
|
Rp 65.000
|
Rp 15.000
|
1 Buah
|
Barang Menengah: 100.000 – 200.000
Nama Barang
|
Modal
|
Penjualan
|
Laba
|
Jumalah Terjual
|
Aki Merk Fb
|
Rp 140.000
|
Rp 160.000
|
Rp 20.000
|
1 Buah
|
Baju Wanita
|
Rp 100.000
|
Rp 120.000
|
Rp 20.000
|
1 Buah
|
Barang Keatas: 200.000 – 500.000
Nama Barang
|
Modal
|
Penjualan
|
Laba
|
Jumlah Terjual
|
Gear vixion se set
|
Rp 200.000
|
Rp 230.000
|
Rp 30.000
|
1 Buah
|
Aki yuasa
|
Rp 185.000
|
Rp 200.000
|
Rp 15.000
|
|
.
2.5 Praktek Pengalaman Dalam Penjualan
Dalam praktek pengalaman ini, saya ingin menceritakan
pengalaman saya menjual barang, dan barang yang saya jual adalah sparepart dan
variasi kendaraan melalui online dan teman dekat sedangkan untuk menjual barang
seperti baju, dan kerudung untuk wanita, saya menjualnya dengan cara
berkelompok selama 2 hari.
Pertama, disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam
berjualan sparepart dan variasi kendaraan secara online dan teman dekat, dalam
penjualan barang ini saya sebenarnya
sangat menyukai pekerjaan ini, karena ayah saya seorang penjual barang
sparepart kendaraaan juga, dan juga saya, bila ada sorang teman saya yang
membeli barang sparepart kendaraan, biasanya saya mengambil barang ke piston
dengan harga modal bagi para pedagang, kemudian saya menjual barang tersebut
dengan harga pasaran atau harga papadaan bila dengan teman dekat saya,
sebenarnya saya sudah lam berjualan seperti ini, biala ada teman saya yangin
membeli sparepart kendaraan maupun variasi, dalam praktet ini saya ingin memaparkan
sekidit sensasi saya dalam penjualan, ya sensasi saya dalam penjualan terkadang
ada kecewa ketika teman bertanya, setelah nya tidak jadi, tetapi hal itu sudah
biasa saya alami selama ini.
Kedua, dalam praktek ini saya tidak hanya berjualan
sparepart dan variasi kendaraan, tetapi disini saya bukan sendiri dalam
menjualkan produk, kami berkelompok dalam menjualkan prodksi baju dan kerudung
wanita. Dalam penualan baju dan kerudung wanita, kami melakukannya selama 2
hari ditempat ruang terbuka hijau kamboja, dalam pemasarannya kami banyak
mengalami sensasinya seperti ditolak orang dalam menawarkan barang kemudian ada
yang bilang tak punya uang untuk membeli tetapi hanya melihat saja, dan juga
dalam 2 hari tersebut, kami menawarkan barang ini ada juga rasa bahagianya
ketika ada yang mau membeli barang, dan disitulah saya merasa terletak
pengalaman yang begitu berharga dalam menawarkan barang secara langsung bukan
melalui online, menurut saya pengalaman berharga dalam praktek ini ialah
menawarkan barang secara langsung, karena banyak yang saya rasakan ketika
bertatap muka langsung terhadap pembeli sedangkan melalui online tidak begitu
banyak rasa yang saya dapatkan.
BAB III
PENUTUP/LAMPIRAN
3.1 Lampiran Kegiatan Kewirausahaan
·
Penjualan barang sparepart dan variasi secara online :
·
Penjualan secara online melalui BBM
·
Gear vixion satu set
·
Aki Merk Yuasa dan Aki Merk Fb
·
Penjualan Baju dan Kerudung Wanita
Bersama Kawan-Kawan :
KESIMPULAN DAN SARAN
3.2 Kesimpulan
Dari kegiatan ini kita dapat merasakan
secara langsung bagaimana cara menjual dan menawarkan suatu produk kepada
pembeli. Ini dapat menjadi sebuah pembelajaran ketika saya akan membuka suatu
usaha.
3.3 Saran
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi
mahasiswa karena kita diberi bekal pengalaman menjadi seorang wirausahawan. Semoga dalam
perkuliahan kewirausahaan selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa
dilaksanakan dan lebih ditingkatkan.
contoh laporan praktek lapangan
Reviewed by Sepintas Kabar
on
June 07, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment