RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMPN
32 Banjarmasin
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/1
Standar
Kompetensi : Memahami kehidupan
sosial manusia
Kompetensi
Dasar : Mendiskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
Alokasi Waktu : 2 X 40
Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan fungsi sosialisasi dalam pembentukan
kepribadian
Ø Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
C. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Tugas
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke Sembilan
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
Apersepsi: mengulang kembali pengertian sosialisasi
dan menanyakan penyebab terjadinya
sosialisasi
Motivasi: Memberi nasehat pentingnya sosialisasi dalam
kehidupan bermasyarakat
2. Kegiatan Inti
F
Eksplorasi
(20 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Menjelaskan
pengertian sosialisasi, tujuan sosialisasi
o Mennjelaskankan
perbedaan sosialisasi dan tujuan sosialisasi
o Menyebutkan
cara bersosialisasi
o melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber
o menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
o memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya
o melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
F
Elaborasi
(25 Menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
o memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o Mengarahkan
siswa untuk berpikir atau menjawar tentang sosialisi
o Guru menjelaskan dan
mendeskripsikan pengertian tentang :
o pengertian
sosialisai dan tujuan sosialisasi
o menjelaskan
sosialisasi dalam kepribadian
o
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
o
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif
o
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
o
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok
o
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
o
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
F
Konfirmasi
(25 Menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- memberikan tugas rumah (tugas kelompok) atau individu untuk peserta didik
- menutup pelajaran dengan salam atau doa
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku IPS Terpadu KTSP
2. Internet
3. Karton bergambar
4.
Spidol
F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Skor
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|
ü Menjelaskan faktor pembentukan
kepribadian dalam proses sosial
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Tes uraian
|
1.
Jelaskan pengertian
sosialisasi !
2.
Sebutkan tujuan
sosialisasi !
3.
Jelaskan factor
keturunan dalam proses sosilisasi, menurut kalian !
4.
Ceritakan tentang
sosialisasi kalian dalam kehidupan sehari-hari !
|
20
20
25
35
|
Kunci Jawaban :
1.
Pengertian Sosialisasi
dapat diartikan sebagai suatu proses yang dapat membantu individu supaya dapat
diterima dalam kelompoknya melalui proses belajar dan penyesuaian diri. Upaya
yang dapat dilakukan individu supaya dia dapat diterima dalam kelompoknya
adalah dengan cara belajar dan menyesuaikan diri (adaptasi).
2.
Pengertian tujuan
sosiall adalah adanya bentuk komunikasi dari individu baru terciptanya proses
soial yang dapat dilakukan secara real dan nyata.
3.
Faktor keturunan dalam
sosialisasi adalah setiap insan memiliki gen dari orang tua, dengan begitu cara
kehidupan sosialisasi mereka pun tak jauh beda dengan orang tua
4.
---
Mengetahui,
Guru Pamong,
(Nama)
NIP : .......
|
|
Banjarmasin, Oktober 2015
Mahasiswa PPL,
(Nama)
NIM.........
|
contoh rpp smp berbasis ktsp
Reviewed by Sepintas Kabar
on
June 09, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment