contoh rpp smp berbasis ktsp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   :     SMPN 32 Banjarmasin
Mata Pelajaran                  :      Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                 :      VII/1
Standar Kompetensi          :     Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar             :     Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian 
Alokasi Waktu                   :    2 X 40 Menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.    Menjelaskan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian


Ø  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Menjelaskan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian

C.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Tugas

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan ke Sembilan
1.       Kegiatan Pendahuluan
       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Apersepsi: mengulang kembali pengertian sosialisasi dan menanyakan penyebab terjadinya    sosialisasi
Motivasi: Memberi nasehat pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat                           
2.       Kegiatan Inti
F Eksplorasi   (20 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan pengertian sosialisasi, tujuan sosialisasi
o   Mennjelaskankan perbedaan sosialisasi dan tujuan sosialisasi
o   Menyebutkan cara bersosialisasi
o   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
o   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
o   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
o   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

F Elaborasi   (25 Menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
o    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o    Mengarahkan siswa untuk berpikir atau menjawar tentang sosialisi
o    Guru menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian tentang :
o  pengertian sosialisai dan tujuan sosialisasi
o  menjelaskan sosialisasi dalam kepribadian
o   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
o   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
o   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
o   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
o   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
o   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

F Konfirmasi   (25 Menit)
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
    • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
    • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
    • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
    • memberikan tugas rumah (tugas kelompok) atau individu untuk peserta didik
    • menutup pelajaran dengan salam atau doa


E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Buku IPS Terpadu KTSP
2.  Internet
3.   Karton bergambar
      4.  Spidol

F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Skor
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


ü  Menjelaskan faktor pembentukan kepribadian dalam proses sosial

Tes
Tertulis
Tes
Tes uraian
1.      Jelaskan pengertian sosialisasi !
2.      Sebutkan tujuan sosialisasi !
3.      Jelaskan factor keturunan dalam proses sosilisasi, menurut kalian !
4.      Ceritakan tentang sosialisasi kalian dalam kehidupan sehari-hari !
20

20


25


35






Kunci Jawaban :
1.      Pengertian Sosialisasi dapat diartikan sebagai suatu proses yang dapat membantu individu supaya dapat diterima dalam kelompoknya melalui proses belajar dan penyesuaian diri. Upaya yang dapat dilakukan individu supaya dia dapat diterima dalam kelompoknya adalah dengan cara belajar dan menyesuaikan diri (adaptasi).
2.      Pengertian tujuan sosiall adalah adanya bentuk komunikasi dari individu baru terciptanya proses soial yang dapat dilakukan secara real dan nyata.
3.      Faktor keturunan dalam sosialisasi adalah setiap insan memiliki gen dari orang tua, dengan begitu cara kehidupan sosialisasi mereka pun tak jauh beda dengan orang tua

4.      ---













Mengetahui,
Guru Pamong,






(Nama)
NIP : .......









Banjarmasin,   Oktober 2015
Mahasiswa PPL,






(Nama)
NIM......... 














contoh rpp smp berbasis ktsp contoh rpp smp berbasis ktsp Reviewed by Sepintas Kabar on June 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.