gambaran umum kecamatan banjarmasin utara



GAMBARAN UMUM KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

A.    Letak Geografis kecamatan Banjarmasin Utara
Kecamatan Banjarmasin utara merupakan salah satu dari 5 Kecamatan  yang berada di wilayah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan Banjarmasin Utara beribukota kan di Banjarmasin dan terdiri dari 10 kelurahan yaitu kuin utara, pangeran, sungai miai, surgi mufti, antassan kecil timur, sungai jingah, alalak utara, alalak selatan, alalak tengah, sungai andai. Luas wilayah Banjarmasin utara 16,55 km2.
Berdasarkan data yang di ambil dari BPS Banjarmasin pada tahun 2013, kecamatan Banjarmasin utara terletak pada ketinggian 0,16 meter dibawah permukaan laut dengan kondisi berpaya – paya dan relatit datar.
Kecamatan Banjarmasin Utara berbatasan dengan :
Sebelah Utara : Kabupaten barito kuala
Sebelah Selatan : Kecamatan Banjarmasin Tengah
Sebelah Barat : Kecamatan Banjarmasin Barat
Sebelah Timur : Kecamatan Banjarmasin Timur
Banjarmasin termasuk wilayah beriklim tropis. Angin muson dari arah barat akibat dari benua asia melewati samudra hindia menyebabkan terjadinya musim hujan.  Pada tahun 2013 curah hujan tercatat 3.206 mm dengan 202 hari hujan selama satu tahun. Suhu udara rata-rata sekitar 25◦c - 38 ◦c di Banjarmasin.
 Peta Kecamatan Banjarmasin Utara
Sumber : Data Kecamatan Banjarmasin Utara, Tahun 2013.

B. Kondisi Demografis Kecamatan Banjarmasin Utara
        1. Kondisi Penduduk Banjarmasin Utara
Suku banjar adalah penduduk Kalimantan selatan yang terdiri atas tiga bagian yaitu, banjar muara, banjar muara batang banyu dan abnjar pahuluan. Ketiga kelompok ini telah ber baur, namun unsur-unsur budaya dari masing masing kelompok  tersebut masih nampak pada sebagian pada orang banjar saat ini.

Orang banjar pada umumnya adalah orang yang sehari harinya mempergunakan bahasa banjar dan beragama islam. Dikalimantan selatan juga terdapat suku dayak. Diantara mereka yang telah memeluk agama islam menyebut dirinya sebagai banjar dan melayu.[1]
Kondisi penduduk diperkampungan daerah Banjarmasin umumnya mengelompok padat disepanjang aliran sungai mau pun jalan. Dulunya yang menjadi pusat perkembangan penduduk adalah berada di tepi sungai secara memanjang dan mengelompok menghadap sungai sebab dulu sungai merupakan prasarana transportasi yang sangat penting dalam jalur lalu lintas sebelum dikembangkannya jalan-jalan darat seperti terlihat sekarang ini.
Bangunan-bangunan rumah yang didirikan adalah berupa rumah panggung yang secara keseluruhan terbuat dari kayu, seperti kayu galam, kayu ulin, surip atau hatap rumbia bagi orang yang tidak mampu, demikian juga dengan jenis kayu hutan lainnya yang dimanfaatkan penduduk untuk berbagai macam keperluan. Kalau dilihat pada pemukiman lama nampak masih terliat rumah khas tradisional Kalimantan selatan  antara lain rumah bubungan tinggi dan rumah tradisional lainnya yang umumnya didiami suku banjar batang banyu, yaitu suku banjar yang mendiami sepanjang sungai besar (batang banyu) sebagai mayoritas penduduk banjarmasin.

Keadaan penduduk berdasarkan data statistik BPS pada tahun 2013 dikota Banjarmasin khususnya di kecamatan Banjarmasin utara, jumlah rumah tangga pada tahun 2013 mencapai 40.268 rumah tangga, dengan populasi penduduknya 145.656 orang yang terdiri dari 72.128 laki-laki dan 73.528 perempuan.
Jika dilihat dari sebaran penduduk kota Banjarmasin, dapat diketahui bahwa kelurahan alalak utara mempunyai penduduk terbanyak yaitu sekitar 15,62 persen. Kemudian disusul dengan kelurahan sungai andai dengan jumlah penduduk mencapai 14,04 persen, sedangkan jumlah penduduk terendah berada di kelurahan alalak tengah yaitu sebesar 6,36 persen.
Tingkat kepadatan penduduk ratairata kecamatan Banjarmasin utara sekitar 8.806 jiwa per km2, tertinggi di kelurahan antasan kecil timur yaitu sekitar 14.729 jiwa per km2. Kemudian diikuti oleh kelurahan alalak selatan dengan tingkat kepadatan penduduk 14.644 jiwa per km2. Sedangkan tingkat kepadatan pendudukan terendah terdapat di kelurahan sungai andai yaitu sebesar 5.886 jiwa per km.
Tabel 2.1 persentase luas wilayah per Kelurahan
No
Nama Kelurahan
Luas Wilayah Per Kelurahan
1
Kuin Utara
9%
2
Pangeran
9%
3
Sungai Miai
10%
4
Surgi Mufti
11%
5
Antasan Kecil Timur
4%
6
Sungai Jingah
7%
7
Alalak Utara
18%
8
Alalak Selatan
5%
9
Alalak Tengah
5%
10
Sungai Andai
22%
Dikutip dari BPS Banjarmasin Tahun 2013
Menurut dari tabel diatas menerangkan bahwa persentase luas wilayah kelurahan dikecamatan banjarmasin utara, terletak disungai andai, dan kelurahan yang terkecil dikecamatan banjarmasin utara ialahAlalak selatan dan Alalak Tengah, karena luas wilayah yang ada dikecamatan Banjarmasin utara sudah ditentukan oleh pihak pemerintahan Banjarmasin.
Tabel 2.2 Indikator Kependudukan Kecamatan Banjarmasin Utara
Uraian
Tahun 2013
Jumlah Penduduk
146.656
Kepadatan Penduduk (jiwa/Km2)
8.806
Sex Ratio (L/P)
98,10
Jumlah Rumah Tangga
40.268
Rata – rata ART (jiwa/ruta)
3,62
Dikutip dari BPS Banjarmasin Tahun 2013
Dari Tabel Diatas menunjukkan Indikator kependudukan dikecamatan Banjarmasin utara, uraian tersebut merangkum jumlah penduduk, kepadatan penduduk, sex ratio L/P, jumlah rumah tangga, dari table diatas kita dapat mengetahui jumlah penduduk dikecamatan Banjarmasin utara pada tahun 2013 dengan jumlah 146.656.
2.      Kondisi Penduduk Dalam Pendidikan
Pendidikan adalah upaya mengembangan potensi-potensi manusiawi, baik potensi fisik, Potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.
Pendidikan juga merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap anak bangsa. Kesempatan memperoleh pendidikan adalah hal bagi setiap warga negara Indonesia, oleh sebab itu kesediaan sarana pendidikan di setiap wilayah menjadi hal yang mutlak, terutama untuk tingkatan Sekolah Dasar. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Salah satu kepedulian pemerintah tentang pentingnya pendidikan bagi masyarakat adalah dengan dicanangkannya wajib belajar Sembilan tahun. Hal ini dengan dihapusnya biaya SPP untuk semua jenjang pendidikan SD sampai SLTA dengan harapan dapat mengurangi beban orang orang tua yang ingin  menyekolahkan anaknya hingga menjadi orang yang sukses dan berpendidikan yang berguna bagi keluarga, dan bangsa Indonesia.
Tantangan utama dalam pencapaian di bidang pendidikan adalah meningkatkan pemerataan akses secara adil bagi semua anak, baik laki-laki maupun perempuan, untuk mendapatkan pendidikan dasar yang berkualitas di semua daerah.
Berbagai kebijakan dan program pemerintah untuk menjawab tantangan tersebut salah satunya adalah perlu akses yang mereka merata pada pendidikan dasar khususnya bagi masyarakat miskin dan peningkatan kualitas dan relevansi masyarakat.[2]
Di kecamatan Banjarmasin utara fasilitas pendidikan dari SD-SMA sederajat sebanyak dengan 87 sekolah, dengan rincian 54 SD (sederajat), 16 Sekolah SMP (sederajat) dan 7 sekolah SMK. Pada pendidikan dasar SD  mempunyai jumlah peserta didik dan guru terbanyak yaitu sekitar 13.645 peserta didik dan 714 guru. SMP sederajarat dengan murid 5.847 dan 423 guru. Sedangkan SMA sederajat dengan 2.840 peserta didik dan 289 guru, SMK dengann 2.689 murid dan 237 guru.
Tabel 2.3 Jumlah Guru Menurut Jenjang Pendidikan
Sumber : Kecamatan Banjarmasin Utara 2013
(Statistik Daerah Kecamatan Banjarmasin Utara 2013)
Menurut tabel diatas menunjukan profesi pendidikan guru dalam menjalani jenjang pendidikan, memiliki 2 instansi yaitu, Negeri dan Swasta sesuai dengan table diatas bahwa guru mendominan dalam instansi negeri yang dikelola oleh pemerintahan dalam menjalani pendidikan.
Tabel 2.4 Kondisi Pendidikan  Kecamatan Banjarmasin Utara
Tingkat Pendidikan
Jumlah Murid
Jumlah Guru
Rasio Guru/siswa
TK
3.259
303
11
SD & MI
13.645
714
19
SMP & MTS
5.847
423
14
SMA & MA
2.969
282
11
SMK
3.069
287
11
Sumber : Kecamatan Banjarmasin Utara Dalam Angka 2013
Menurut tabel diatas kondisi pendidikan masyarakat di kecamatan banjarmasin utara bahwa jumlah murid yang terbanyak di sekolah SD & MI sedangkan guru di kecamatan banjarmasin utara yang banyak mengajar disekolah SD & MI.
3.      Kondisi Penduduk Dalam Ekonomi
Keadaan ekonomi di kecamatan Banjarmasin utara sangat beragam, yang meliputi pedagang, perindustrian kayu, jasa pelayanan pariwisata, dan selebihnya menjadi pengusaha, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dll.
Dari tabel 10 kelurahan dibawah dapat diuraikan ekonomi per kelurahan di Banjarmasin utara seperti dalam bidang perindustrian kayu banyak di produk di daerah alalak sedangkan jasa pelayanan pariwisata ada di kuin utara seperti masjid sultan surianyah dan pasar terapung, sedangkan pedangang banyak di temukan di daerah antasan kecil timur dan surgi mufti.
Tabel Kelurahan Banjarmasin Utara
Nama Kelurahan

Kuin Utara
Pangeran
Sungai Miai
Surgi Mufti
Antasan Kecil Timur
Sungai Jingah
Alalak Utara
Alalak Selatan
Alalak Tengah
Sungai Andai
Sumber: Tabel Nama 10 Kelurahan Di Kecamatan Utara, koleksi pribadi
4.      Kondisi Penduduk Dalam Keagamaan
Dalam bidang keagamaan, Penduduk Kecamatan Banjarmasin Utara mayoritas beragama Islam. Suasana keagamaan begitu terasa, seperti pengajian dan membaca Al-Qur’an dalam masyarakat merupakan hal yang dominan sekali. Hal ini dapat dilihat dari ramainya kegiatan keagamaan, baik dirumah maupun yang berpusat di mushola pada sore hari.
Setiap agama yang dianut oleh setiap  masyarakat akan memiliki tempat-tempat peribadatan. Kehidupan keagamaan masyarakat Kecamatan Banjarmasin Utara juga terlihat dalam perayaan hari-hari besar Islam seperti peringatan Maulid Nabi, Isra Mi’raj, dan lain sebagainya.
Kegiatan ini mengajarkan ajaran-ajaran agama Islam yang tercermin dalam sebagian besar aktifitas masyarakat dikehidupan sehari-hari. Hal ini juga menunjukan bahwa besar sekali pengaruh agama Islam yang di anut masyarakat Kecamatan Banjarmasin utara dalam memberikan sumbangan bagi kehidupan keagamaan. Mayoritas penduduk kecamatan Banjarmasin Utara adalah beragama islam. Fasilitas atau tempat peribadatan bagi pemeluk islam di kecamatan Banjarmasin Utara ada 37 mesjid dan 151 mushala yang tersebar di wilayah kelurahan. Sedangkan fasilitas untuk peribadatan bagi agama lain tidak di temukan.
Tabel 2.5 Banyak Fasilitas Peribadatan Per Kelurahan
Sumber : Kecamatan Banjarmasin Utara Dalam Angka 2013
Dari table diatas menunjukkan bahwa mayoritas di kecamatan banjarmasin utara beragama islam, karena data yang dikutip dari BPS dengan meambil simple tempat peribadatan yang ada di kecamatan banjarmasin utara menunjukkan bahwa masjid dan mushola yang mendominan di wilayah tersebut.


[1] A gazali uzman, urang banjar dalam sejarah, (Banjarmasin : lambung mangkurat university press, 1989) hal 33.
[2]https://raflengerungan.wordpress.com/pendidikan/pengertian-pendidikan/, diakses pada tanggal 19 Maret 2016, jam 11.15 wita.
gambaran umum kecamatan banjarmasin utara gambaran umum kecamatan banjarmasin utara Reviewed by Sepintas Kabar on June 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.