Siapa Kolonel Untung di G30S/PKI

(Mengingat Kembali, Siapakah Sebenarnya Kolonel Untung Pada masa G30S/PKI)-->

Sejarah, - Pasca peristiwa gagalnya gerakan Dewan Revolusi 30 september 1965, yang dilakukan beberapa perwira tinggi yang menamakan dirinya Progresive serta Revolusioner, sang Pemimpin Gerakan Letkol Inf Kolonel Untung Sutopo (Danyon I Tjakrabirawa) atau yang dikenal Paswalpres.


(Ket : Saat tertangkap, Kolonel Untung diperiksa)

Pada waktu itu, sang Pemimpin G30S/PKI yang berusaha melarikan diri dan berpindah-pindah tempat untuk menghindari kejaran para Aparat atas perbuatannya.

Namun naas, terjadi pada seorang eks Letkol Inf Kolonel Untung yang tidak seberuntung namanya ataupun prestasi Kemiliterannya.

Pada tanggal 11 Oktober 1965, dia yang saat itu berusaha untuk melarikan diri ke arah Kota Semarang dengan menumpangi sebuah bus, justru mengalami nasib yang diluar perhitungannya.

Karna saat itu ada dua anggota tentara yang berada di Bus dengan respon cepat melihat wajah seorang Kolonel Untung, dan eks Kolonel pun kaget juga setelah melihat kedua anggota itu. Akhirnya Kolonel pun bergegas untuk melarikan diri dari dalam bus dengan melompat ke arah luar.

Selanjutnya terjadilah kejar-kejaran antara Kolonel Untung dengan kedua anggota tentara maupun warga sekitar yang melihat kejadian tersebut.

Tak berapa lama kemudian pemimpin Danyon I Tjakrabirawa pun berhasil tertangkap di sekitar Awan Tiga Keraton Tegal.

Setelah berhasil ditangkapnya sang Pemimpin G30/PKI, dia pun kemudian memasuki Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub) di Jakarta dengan menghadapi regu tembak di Tahun 1966. (Syahbandi)

Siapa Kolonel Untung di G30S/PKI Siapa Kolonel Untung di G30S/PKI Reviewed by Sepintas Kabar on September 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.