ULM Banjarmasin Ciptakan Alumni Hebat


Pendidikan adalah sebuah penunjang dalam hal setiap kehidupan dalam bermasyarkat. Mengapa demikian, tanpa adanya pendidikan pada sebuah bernegara maka tidak akan terciptanya manusia yang berbudi pekerti dan berpengetahuan. Menurut Theodore Meyer Greene (1996: 6), pendidikan adalah usaha manusia untuk menyiapkan dirinya untuk suatu kehidupan yang bermakna. Artinya, pendidikan merupakan hal yang vital bagi diri sendiri dan orang lain.
Pada negara Indonesia khususnya, pemerintah mengajurkan bagi setiap warga negaranya agar mengenyam pendidikan selama 12 tahun dari tingkatan SD, SMP sampai SMA, sedangkan untuk menempuh sebuah perguruan tinggi sangat diajurkan juga atau mungkin wajib. Karena apa, makin berjalan waktu dan peradaban manusia makin berkembang sangat diwajibkan agar dapat meningkatkan kuantitas maupun kualitas diri.
Begitu pula yang di alami Universitas tertua di Kalimantan Selatan yakni Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Sebelum lebih lanjut membahas, mari kita ketahui dulu sejarah singkat berdirinya. Dikutip melalui sebuah akun Zamrudkhatulistiwa34.blogspot.com menuliskan, awal mula berdirinya Universitas Lambung Mangkurat yang biasa disingkat Unlam dan kini menjadi ULM, gagasan dibentuknya perguruan tinggi tersebut dari sebuah yayasan Akademi Perniagaan Kalimantan (APK) dengan akte notaris nomor 24 tanggal 21 september 1956.
APK sendiri didirikan oleh Raden Tumenggung Ario Milono selaku Gubernur Kalimantan keempat pada tahun 1955-1957, tujuan berdirinya ialah turut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa, mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan kesenian, terkhusus menyiapakan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang berkemampuan akademik dan professional, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa terutama di daerah Kalimantan.
Seterusnya, atas inisiatif dan prakarsa dari para tokoh masyarakat serta pejuang kemmerdekaan Republik Indonesia di Kalimantan Selatan yang pada tanggal 3 Maret sampai 10 Maret 1957 mengadakan reuni kesatuan Tentara Nasional Indonesia Divisi Lambung Mangkurat di Desa Ni’ih, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Reuni itu bertujuan guna memperingati proklamasi Gubernur Militer ALRI Divisi IV Kalimantan sekaligus membicarakan pembangunan wilayah Kalimantan. Alhasil, dari pertemuan tersebut adalah terbentuknya Dewan Lambung Mangkurat yang di antaranya beberapa rencana kerjanya mendirikan sebuah perguruan tinggi di Kalimantan dengan nama Universitas Lambung Mangkurat, adapun Presiden Universitas atau Rektor pertama yaitu Letkol. H. Hasan Basry. Alhasil, kurang lebih berjalan 2 tahun akhirnya Pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor : 41 tahun 1960 tertanggal 29 Oktober 1960, meresmikan Universitas Lambung Mangkurat sebagai Universitas Negeri pada tanggal 1 November 1960 oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan.
Kini, ULM Banjarmasin yang berakreditasi A dan sudah berumur 60 tahun apalagi berkat pimpinan Prof. Dr. Sutarto Hadi, M. Si, M. Sc, makin banyak kemajuan dan keunggulan hingga salah satunya dapat menempatkan ULM Banjarmasin di peringkat 32 Science and technology Index (Sinta) Ristekdikti. Bukan hanya itu saja, ULM sendiri tidak kalah unggul dengan Universitas lainnya mulai dari dahulu sampai sekarang, sebab banyak menghasilkan alumni-alumni yang handal, terkemuka dan berdaya saing tinggi seperti Gusti Muhammad Hatta yang pernah menjabat  Mentri Lingkungan Hidup serta Menteri Riset dan Teknologi di Kabinet Indonesia Bersatu II, Rudy Ariffin mantan Gubernur Kalimantan Selatan, terakhir Dr Ir Willy Midel Yoseph, M. M mantan Bupati Murung Raya Kalimantan Tengah, Desmod Junaidi Mahesa, Mardani H. Maming dan lain-lainnya.

                                                    Gambar 1. Mahasiswa Baru Fisip ULM
 
Sumber Foto : FB Universitas Lambung Mangkurat, tahun 2019.

Mengapa ULM bisa unggul dan ciptakan alumni yang hebat, menurut penulis yang kini tengah menjalani kuliah. Hal tersebut terjadi karena adanya sinergitas antar dosen dan peningkatan kualitas dalam proses belajar mengajar terhadap para mahasiswa, sedangkan ULM sendiri pun selalu melakukan evaluasi dan pembenahan sebagaimana sesuai Visi dan misinya. Ditambah lagi, demi mencetak lulusan ULM yang terkemuka dan berdaya saing, kabarnya akan mengembangkan sistem pembelajaran blended learning yaitu mengkombinasikan antara pembelajaran konvensional (face to face instruction) dan distance learning.

Kata kunci : ULM Terkemuka dan Berdaya Saing

ULM Go International

ULM Pilihanku
 


ULM Banjarmasin Ciptakan Alumni Hebat ULM Banjarmasin Ciptakan Alumni Hebat Reviewed by Sepintas Kabar on October 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.